PENGERTIAN ARSITEKTUR MENURUT PARA AHLI

1. Marcus Pollio Vitruvius

Pengertian arsitektur menurut marcus adalah Kesatuan dri kekuatan/kekokohan (firmitas), keindahan (venustas), dan kegunaan/fungsi (utilitas)



2. Banhart CL. Dan Jess Stein

Berdasarkan keterangan dri Banhart CL. Arsitektur adalah seni dalam menegakkan bangunan tergolong didalamnya segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya; sifat atau format bangunan; proses membangun; bangunan dan kelompok bangunan.



3. Van Romondt

Arsitektur adalah ruang lokasi hidup insan dengan bahagia. Ruang berarti menunjuk pada seluruh ruang yg terjadi krn diciptakan oleh insan atau pun ruang yg terjadi sebab proses alam laksana gua, naungan pohon dan lain-lain.



4. Robert Gutman

Arsitektur bahwasannya adalah kulit ketiga manusia. Arsitektur adalahlingkungan produksi yg tidak hanya menjembatani antara insan dengan lingkungan tetapi sekaligus adalahwahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah,psikologis dan sosial manusia.



6. Francis DK Ching

Pengertian Arsitektur menurut DK ching adalah menyusun suatu tautan yg mempersatukan ruang, bentuk, kiat dan fungsi.



7. Amos Rappoport

Pengertian arsitektur menurut Amos merupakan ruang lokasi hidup manusia, yg lebih dri sebatas fisik, tapi pun menygkut pranata-pranata kebiasaan dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan kebiasaan masyarkat, yg diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur.



8. JB. Mangunwijaya

Arsitektur sebagai vastuvidya (wastuwidya) yg berarti ilmu bangunan. Dalam definisi wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata kemudian lintas (dhara, harsya, yana).



9. Made AL, Ark. Djauhari S,

Arsitektur adalah karya insan dan guna kehidupan insan pula.



10. Ben Farmer, Comoditie

Pengertian Arsitektur menurutnya adalah suatu perpaduan praktek seni dengan rangka-rangka yg komplek dri hal masyarakat, teknologi, iklim, dan ekonomi.


(Sumber: dizeen.id-Desain Rumah Minimalis)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM-MACAM CONTOH BANGUNAN DI PALEMBANG DENGAN EKSPRESI BENTUKNYA

ARSITEKTUR BIZANTIUM